cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
haryani.hyi@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
ISSN : 14118637     EISSN : 25501178     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap tahunnya, yaitu terbit di bulan Maret dan September. Jurnal Perspektif sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Perspektif menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Ilmu Komputer dan Manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021" : 14 Documents clear
Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19 Pramezwary, Amelda; Juliana, Juliana; Winata, Jennifer; Tanesha, Roselynn; Armando, Tiffanysius
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9376

Abstract

Abstrak - Adanya pandemi covid-19 membuat semua industri terdampak, begitu juga dengan coffee shop. Menghadapi adanya pandemi ini, brand trust dan promosi penjualan menjadi salah satu fokus utama dari strategi coffee shop.  Brand trust terdiri dari kepercayaan, rasa aman dan kejujuran terhadap konsumen. Promosi penjualan terdiri dari frekuensi, kuantitas, waktu dan ketepatan sasaran promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh positif dari brand trust dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks pada masa covid-19. Penelitian dilakukan secara online dengan menyebarkan kuesioner melalui google forms kepada 200 responden dengan menggunakan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji F serta uji t, yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan brand trust menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks pada masa covid-19. Brand Trust merupakan variabel yang menunjukkan pengaruh paling signifikan dalam penelitian ini, terutama di masa covid-19 dimana konsumen lebih tertarik dengan brand Starbucks Coffee dibandingkan merek coffee shop lainnya.Kata Kunci: Brand Trust, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian
Capital Investment, Internasionalisasi, Dan Firm Performance Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia 2014-2019 Yovita, Yovita; Marciano, Deddy
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9784

Abstract

Abstrak  - Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah capital investment memengaruhi tingkat internasionalisasi perusahaan, serta untuk menguji efek internasionalisasi terhadap firm performance. Berbagai penelitian terkait efek dari internasionalisasi pada perusahaan telah dilakukan, salah satunya pada firm performance perusahaan yang digambarkan dengan penjualan, profit, hingga nilai perusahaan. Hasilnya pun beragam, sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana dengan efek internasionalisasi pada perusahaan di Indonesia? Perusahaan yang beroperasi di negara dengan pasar terbuka tidak dapat menghindar dari internasionalisasi. Sehingga, fokus dari penelitian tertuju pada 79 perusahaan manufaktur yang secara aktif terlibat dalam aktivitas ekspor dari 2014 hingga 2019, sehingga menghasilkan 474 poin observasi. Capital investment akan diukur dengan variabel CAPEXTA, sedangkan internasionalisasi akan diukur dengan FSTS, dan perubahan level internasionalisasi diukur dengan FSG. Pengukuran efek internasionalisasi terhadap firm performance akan menggunakan ROA dan Tobin’s Q. Beberapa variabel kontrol yang digunakan adalah firm size, leverage, market-to-book ratio, gross profit margin, dan sales growth. Hipotesis terkonfirmasi menggunakan regresi data panel dengan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan CAPEXTA dan internasionalisasi (FSTS) memiliki hubungan negatif signifikan dan non-linear. Pengaruh CAPEXTA pada FSG ditunjukkan sebagai negatif signifikan dan non-linear juga. Sedangkan FSTS dan ROA memiliki hubungan berbentuk inverted-U dan negatif, di mana hubungan FSTS dan Tobin’s Q adalah negatif.Kata Kunci: capital investment, internasionalisasi, foreign sales growth, firm performance, tobin’s q
Analisis Kinerja Karyawan dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya: Studi Kasus di PT X Widjaja, William
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9527

Abstract

Abstrak  - Berkompetisi di era globalisasi merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan di dalam mengelola sumber daya manusianya agar sumber daya yang dimiliki dapat memberikan kinerja yang maksimal untuk perusahaannya. Penelitian ini berangkat dari adanya gap yang terjadi pada penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kinerja karyawan baik itu faktor kompensasi langsung maupun motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kompensasi langsung dan motivasi memengaruhi kinerja karyawan di PT X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah uji kualitas instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan f) serta uji regresi linear berganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi langsung dan motivasi terhadap kinerja baik secara parsial maupun simultan.  Kata Kunci: kinerja karyawan, kompensasi langsung, motivasi.
Analisis Brand equity Produk Fashion Hijab Merek Elzatta Widiyanti, Wiwik
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9824

Abstract

Brand equity in reality illustrates the value of a brand from consumer perceptions and experiences of the brand. There are four main categories that make up brand equity, namely brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty. Brand equity is used to determine the marketing strategy that a company will carry out. Therefore research is needed to collect data and analyze it. This research on Brand equity in Elzatta's hijab fashion product aims to analyze the elements of Brand equity so that it is expected to contribute data to create a marketing strategy for the brand. The results showed that brand awareness was really at the top of mind. Meanwhile, the three impressions of the Elzatta brand association are quality fabric, good design / design and providing comfort to the wearer. The brand quality felt by Elzatta shows that most of the attributes of Elzatta's hijab fashion products have achieved high performance. Only for the attributes of the thickness of the material and the price it is necessary to increase and improve its performance. On brand loyalty, Elzatta obtained data on consumers who buy because the price is more than consumers who buy out of habit. This is an accident that consumers will switch brands from rising prices. As for consumers who buy because satisfaction is the most, this of course will affect consumer loyalty
Usaha Kuliner Berskala Mikro dan Kecil di Desa Gunung Sindur Kabupaten Bogor: Kondisi Pasca Covid-19 Rakhmanita, Ani
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9427

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran virus sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut pada akhirnya membuat banyak kegiatan yang memerlukan interaksi secara langsung harus dihindari dan membatasi kegiatan masyarakat untuk tidak keluar rumah. Di tengah keadaan yang tidak pasti, usaha kecil dan menengah, khususnya dibidang kuliner harus mampu beradaptasi secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan dari sekompok usaha kuliner yang berada pada wilayah kabupaten bogor dalam beradaptasi di era pamdemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mengunakan data primer dan data sekunder. Selanjutnya sumber data tersebut dianalisis secara deskriptip. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 41,67% atau 10 pelaku usaha mengalami penurunan omset, omset stabil sebanyak 12,5% atau 3 pelaku usaha kuliner dan peningkatan penjualan sebanyak 45,83% atau 11 pelaku usaha kuliner mengalami peningkatan omset penjualan. Strategi yang diterapkan usaha kuliner mikro dan kecil selama pandemik Covid didapatkan hasil diantaranya: (1) Menggunakan berbagai media social dan market place sebagai sarana berdagang (2) Mengganti produk yang relevan dengan kondisi kebutuhan pasar di era Covid (3) Memberikan promo dan discount menarik
The Effect of Work Environment, Competence, and Motivation on Employee’s Performance in Electronic Companies in the Industrial District of Bekasi Regency Sabil, Sabil; Suhartono, Suhartono; Winarno, Slamet Heri; Putra, Octa Pratama; Widodo, Dwiyatmoko Puji
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9584

Abstract

Employee performance is an important element to assess the level of success of the company is running its business. Many factors can affect employee performance, including the environment, work, competence, and employee motivation. This study aims to explore the relationship of influence between these three factors on employee performance. The sample of respondents selected were employees who worked at several electronic companies in the Bekasi Industrial Area, West Java, Indonesia. This study uses structural equation modeling (SEM) and path analysis to test the level of influence of the variables used. The use of 183 employees who come from different characteristics, age, sex, length of work, education, and income are used to test the effect of the work environment, competence and motivation on performance. The results showed that performance was more significantly influenced by the work environment and motivation as intervening, while competence did not significantly influence performance. Motivation also directly influences performance. Companies must be able to create attractive work environments so that employees can be motivated and make optimal use of employee competency planning. This study focuses more on how the work environment, competence, and motivation affect performance both partially and simultaneously.Keywords: Work Environment, Competence, Motivation, Employee’s Performance
Evaluasi Keunggulan Bersaing Bank XYZ Unit Bisnis Purna Bakti Rahmawati, Nur
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9559

Abstract

Abstrak  -  Bank XYZ dikenal sebagai bank yang memiliki peranan dalam melayani pembayaran manfaat pensiun maupun penyaluran kredit pensiun, khususnya pada unit bisnis Purna Bakti memiliki citra kuat sebagai bank mass market di Indonesia dengan pelayanan yang menggabungkan antara misi bisnis dan sosial. Munculnya beberapa Bank pesaing dalam melayani pembayaran manfaat pensiun maupun penyaluran kredit pensiun menjadikan permasalahan pada Bank XYZ untuk mempertahankan leading position dalam kredit pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing dan melakukan evaluasi keunggulan bersaing pada Bank XYZ Purna Bakti. Peneliti menggunakan analisis internal perusahaan dari aspek sumber daya, kompetensi inti, kapabilitas, dan seluruh aktivitas rantai nilai perusahaan untuk melakukan evaluasi keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki sumber daya dengan reputasi tinggi, memiliki kompetensi inti dalam memberikan pelayanan sebagai misi bisnis dan sosial, memiliki kapabilitas tim manajemen yang handal, serta  kesatuan seluruh aktivitas rantai nilai perusahaan yang saling mendukung. Perusahaan juga telah melakukan strategi diferensiasi dalam mencapai keunggulan bersaing dari segi pelayanan yang berbeda dibandingkan pesaingnya sehingga memberikan nilai tambah yang bersifat jangka panjang dan sulit untuk ditiru. Kata Kunci: Keunggulan bersaing, Kompetensi inti, Sumber daya, Kapabilitas,  Analisis rantai nilai, Diferensiasi  Abstract  -  XYZ Bank, is well known for it’s first rate service to pension in both pension benefit payment and pension loan installment. Purna Bakti unit in particular is highly valued as a mass market bank segment in Indonesia which integrating business and social mission. The challenge going forward is to sustain the Bank’s market leadership position, especially with increasing competition from other banks with same specialization. The research is purposed to analyze internal factor in a company to gain competitive advantage and evaluate this competitive advantage.  The method of internal analysis will be used to identify company’s strong point namely core competence, resources, capabilities, and whole value chain activities. The result shows that XYZ Bank has reputable resources, excellent core competence in their services, capable team management, and supportive value chain activities to command in a whole company. The Bank has been successfully implementing differentiation strategy to gain competitive advantage from different service perspective which giving it long-term strong point and making it distinct from another company. Keywords: Competitive advantage, Core Competence, Resources, Capabilities,  Value Chain, Differentiation 
Pengaruh Kondisi Makroekonomi Terhadap Risk Profile Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Biasmara, Hanif Artafani; Iradianty, Aldilla
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9723

Abstract

Keadaan perekonomian yang dinamis dan beberapa kali mengalami krisis baik global maupun nasional, merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh industri perbankan dalam menjaga stabilitas kesehatan bank terlebih lagi dari sisi risiko pembiayaan bermasalah. Bank Umum Syariah yang hadir dengan operasional berdasarkan prinsip Islam, juga perlu untuk memperhatikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel makroekonomi yang terdiri dari inflasi, Produk Domestik Bruto, BI Rate, dan nilai tukar Rupiah secara parsial dan simultan terhadap Risk Profile yang diproksikan dengan Non Performing Financing (NPF). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), atau Bank Umum Syariah sebagai anak perusahaan dari Bank Badan Usaha Milik Negara, maupun bagian dari keduanya. Dimana data yang digunakan adalah data tahunan dari tahun 2015-2019. Begitu pula dengan data variabel makroekonomi yang digunakan dari tahun 2015-2019. Data diolah dan dianalisis menggunakan Regresi Linier Data Panel melalui aplikasi Eviews 11. Seluruh variabel independen (inflasi, PDB, BI Rate, dan nilai tukar Rupiah) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF). Begitu pula secara simultan, keduanya tidak berpengaruh terhadap Non Performing Financing (NPF). Hal ini menunjukkan bahwa Perbankan Syariah lebih stabil dalam berbagai keadaan ekonomi. Penelitian ini dapat digunakan untuk mengakselerasi sektor perbankan, seperti meningkatkan kesehatan bank dan mengantisipasi ketidakpastian perekonomian. Bagi investor, bisa menjadi pertimbangan dalam menginvestasikan dananya. Lalu bagi pemerintah, akan sangat berarti jika dapat memperkuat Perbankan Syariah di Indonesia. Kata Kunci: Inflasi, Produk Domestik Bruto, BI Rate, Nilai Tukar Rupiah, Non Performing Financing
Potensi Pasar Pembiayaan KMF Purna BRISyariah iB Dengan Akad Murabahah (Pendekatan Analisis SWOT) Soekapdjo, Soeharjoto; Dewi, Agnes Panca
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9755

Abstract

Banks and other financial institutions open majority the market to the productive age community but  BRISyariah iB focus on retiree. Purpose of this research is to determine market potential of KMF Purna financing with the Murabahah contract at BRISyariah iB.  SWOT analysis is used as a method in this research. Result shown, that this financing has a mechanism that  well structured and in accordance with the provisions of the OJK which deals with Islamic banking, to avoid misunderstandings that can harm and reduce the trust of both parties. Result of KMF Purna with the Murabahah contract financing at BRISyariah iB having a great potential market because focus on retiree market share who need financial assistance for goods and services fulfillment as well as their customers at an late adulthood who want a sense of security. For this reason, BRISyariah iB in financing KMF Purna with the Murababah agreement can optimize the market by increasing human resources, digital technology, marketing, and collaboration with other companies in order to increase competitiveness with other financing institutions.
PENGARUH KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI Auliana, Rini Adriani; Andayani, Endang Sri
Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika Vol 19, No 1 (2021): Maret 2021
Publisher : www.bsi.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/jp.v19i1.9786

Abstract

Memahami pengantar akuntansi sangat penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk memudahkannya mempelajari mata kuliah akuntansi berikutnya seperti akuntansi keuangan menengah dan akuntansi keuangan lanjutan. Mahasiswa yang memiliki pemahaman pengantar akuntansi rendah akan mengalami kesulitan mempelajari mata kuliah akuntansi lanjutan. Oleh karena itu, pemahaman pengantar akuntansi yang kuat sangat diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami mata kuliah akuntansi lanjutan yang lebih kompleks dan untuk mencegah ketidakmampuan mahasiswa dalam menjelaskan konsep akuntansi secara luas. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat pemahaman pengantar akuntansi adalah kecerdasan. Penelitian ini membahas kecerdasan berdasarkan teori multiple intelligences Howard Gardner. Tujuan penelitian adalah mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan logika-matematis terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi; (2) Pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi; dan (3) Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap tingkat pemahaman pengantar akuntansi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian eksplanasi. Terdapat tiga variabel independen yaitu kecerdasan logika-matematis (X1), kecerdasan intrapersonal (X2) dan kecerdasan interpersonal (X3) serta satu variabel dependen yaitu pemahaman pengantar akuntansi (Y). Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2019 sejumlah 294 mahasiswa. Sampel yang digunakan sejumlah 170 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika-matematis berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi, kecerdasan intrapersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi dan kecerdasan interpersonal tidak berpengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi. Kata Kunci: Kecerdasan Logika-matematis, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Pemahaman Pengantar Akuntansi

Page 1 of 2 | Total Record : 14